Site Terbaik

Ga Ada Facebook, Ini 5 Sosial Media Paling Terkenal Buatan Cina




China memang dikenal sangat ketat dalam mengawasi penggunaan internet para warganya, mereka juga kerap memblokir berbagai hal yang berisiko menimbulkan masalah. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa berbagai sosial media terkenal seperti Twitter, Instagram, Facebook, Snapchat, YouTube, WhatsApp hingga Google harus diblokir di China.


Namun hal itu juga berdampak positif bagi perkembangan start-up asli buatan masyarakat China. Karena dengan diblokirnya berbagai sosial media tersebut, kemudian masyarakat China memiliki alternatif untuk menggunakan sosial media lokal. Alhasil berbagai sosial media lokal buatan China berhasil berkuasa di negari sendiri, bahkan beberapa diantaranya juga berhasil menembus pasar internasional, seperti WeChat dan lain sebagainya.

Banyak yang tidak tahu bahwa masyarakat China juga memiliki sosial media pengganti Facebook, Twitter hingga Instagram versi lokal. Selain WeChat, salah satu sosial media buatan China yang paling populer adalah Weibo, yang kerap dijuluki sebagai Facebooknya orang China. Nah, seperti yang dikutip dari Dragon Social, berikut Ini 5 Sosial Media Paling Terkenal Buatan Cina.


Ga Ada Facebook, Ini 5 Sosial Media Paling Terkenal Buatan Cina

1. WeChat



Sumber foto: dragonsocial.net

WeChat merupakan aplikasi pesan instan all-in-one yang dikembangkan oleh Tencent, di dalamnya juga menyediakan game, belanja online, dan layanan keuangan. Dengan aplikasi yang juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia ini, kamu bisa mendapatkan hampir semua yang kamu butuhkan. Sehingga wajar jika WeChat menjadi platform media sosial buatan China yang paling populer di China dan seluruh dunia.

WeChat menggabungkan beberapa aplikasi sosial media populer seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, dan Skype. Bahkan ada sekitar sepuluh juta aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh untuk Android atau iOS. Tak lupa juga mode bisnis yang digunakan untuk ajang para perusahaan memasarkan produknya.

2. Sina Weibo



Sumber foto: scmp.com

Sina Weibo atau Weibo merupakan sosial media atau platform micro-blogging China yang dirilis pada tahun 2009. Saking populernya, banyak yang menjuluki Weibo sebagai Facebook dan Twitter versi China, hal itu tidak berlebihan mengingat konsep Weibo mirip dengan kedua sosial media populer tersebut.

Dengan Weibo, kamu dapat mengunggah video, gambar, dan gif. Kamu juga dapat dapat mem-follow orang lain untuk mengetahui update terbaru dari aktivitas mereka. Bahkan menurut China Internet Watch, Weibo kini memiliki 340 juta pengguna aktif bulanan. Selain sebagai sosial media, Weibo juga berisi jutaan konten tentang informasi dan tren yang terjadi di China dan dunia.

3. QQ




Sumber foto: dragonsocial.net

QQ adalah aplikasi pesan instan lain yang juga dikembangkan oleh Tencent. Sama seperti WeChat, kamu dapat melakukan berbagai hal dengan menggunakan QQ, seperti mendownload game, musik, belanja online, micro-blogging, film, chatting dan lain sebagainya. Untuk menggunakan QQ, kamu tidak perlu mendaftarkan nomor telepon karena setiap individu yang mendaftar akan mendapatkan nomor ID khusus.

Menurut FoxBusiness.com, saat ini QQ memiliki lebih dari 869 juta pengguna, hal itu merupakan jumlah yang sangat luar biasa untuk ukuran sosial media lokal. Kelebihan lain dari Tencent adalah memiliki berbagai program pemasaran berbayar. Sehingga kamu bisa mempromosikan bisnis, aplikasi, game dan lain sebagainya dengan aplikasi ini dengan biaya yang cukup murah.

4. Youku Tudou



Sumber foto: ecommercechinaagency.com

Jika Amerika Serikat punya YouTube, maka China memiliki Youku Tudou yang merupakan platform sosial media yang juga bisa digunakan untuk berbagi video layaknya Youtube. Youku berisi berbagai konten-konten menarik, bahkan kamu juga dapat melakukan streaming atau mengunduh film dengan menggunakan aplikasi ini. Menurut DMR Stats, Youku tercatat memiliki 580 juta pengguna aktif bulanan.

5. Baidu Tieba



Sumber foto: terueda.wordpress.com

Mungkin sebagian dari kalian sudah sering mendengar kata Baidu, hal tersebut karena sebenarnya sosial media asli China ini merupakan produk dari mesin pencari Baidu. Awalnya Baidu Tieba merupakan forum diskusi berbasis kata kunci di mana pengguna dapat mencari informasi melalui melalui bilah pencarian. Banyak juga yang menganggap aplikasi ini mirip dengan Reddit, hanya saja dengan Baindu Teiba kamu bisa melakukan pencarian langsung layaknya Google.
Akhir Kata

Itulah 5 Sosial Media Paling Terkenal Buatan Cina. Bahkan tak hanya digunakan oleh masyarakat China saja, beberapa sosial media tersebut juga digunakan oleh orang-orang dari negara lain lho.

sumber : Jalantikus.com

0 Response to "Ga Ada Facebook, Ini 5 Sosial Media Paling Terkenal Buatan Cina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Banner iklan disini

Iklan Tengah Artikel 1

Banner iklan disini

Iklan Tengah Artikel 2

Banner iklan disini

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini
close
Banner iklan disini